Sun Set Di Waduk Cengklik Solo Yang Istimewa

Menjelajahi kota solo akan memberikan anda banyak pengalaman menarik dan berkesan karena memang dikota ini ada banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di solo adalah waduk cengklik. Objek wisata yang satu ini sudah ada sejak lama dan masih banyak didatangi pengunjung.

 

Keindahan Waduk Cengklik

Waduk ini sebenarnya merupakan waduk buatan sejak jaman belanda. Saat ini, waduk tersebut kurang terawat dan mengalami pendangkalan. Namun meskipun demikian, pengunjung yang datang masih tetap ramai karena di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang eksotis.

Hal yang membuat waduk ini begitu istimewa adalah pemandangan sunsetnya yang terlihat sangat jelas. Para pecinta panorama senja yang indah banyak yang memilih tempat ini sebagai spot untuk memanjakan mata. Selain itu, banyak fotografer yang juga menjadikan waduk cengklik di kota solo ini sebagai tempat terbaik mendapatkan foto alam atau sunset.

Lokasi dari waduk ini berada sangat dekat dengan bandara di solo atau tepatnya berada di desa ngargorejo dan sobokerto, kecamatan ngemplak, kabupaten boyolali, jawa tengah. Nama cengklik berasal dari nama pedukuhan di wilayah tersebut. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena memang tidak jauh dari bandara.

 

Rakit bambu di tepi waduk cengklik boyolali

Selain menawarkan pemandangan sun set yang begitu eksotis, pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini juga memiliki kesempatan untuk mengambil foto diatas rakit bamboo yang berada di pinggir waduk. Hingga saat ini, waduk tersebut masih digunakan sebagai tempat cadangan air untuk pengairan sawah milik warga. Jadi memang tempat ini sebenarnya bukan dibangun sebagai objek wisata yang terkelola.

Waduk cengklik solo ini memiliki ukuran yang cukup luas karena mampu menampung air hingga 17,5 juta meter kubik. Namun karena tidak dikelola dengan baik, waduk ini mengalami pendangkalan yang cukup parah maka kini hanya bisa menampung sekitar 9 juta meter kubik saja.

Apabila waduk ini dikelola dengan baik, pemandangan yang ditawarkan tentu saja akan semakin baik namun memang perhatian pemerintah terhadap waduk ini masih sangat kurang.

Jika anda mengunjungi waduk ini, anda akan mendapati banyak kegiatan masyarakat seperti memancing, menjala ikan, dan lain sebagainya. Bahkan banyak dari warga setempan yang menjadikan tempat ini untuk nongkrong. Di pinggir waduk ini terdapat banyak tanaman enceng gondok yang tumbuh subur. Tamanan ini mampu menambah suasana alami di sekitar waduk.

Di waktu senja, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan local. Keindahan pemandangan sunset disini memang tiada duanya. Apalagi di sana pengunjung juga bisa melihat gunung merapi dan merbabu dengan sangat jelas. Jadi anda yang senang untuk mengambil gambar alam atau bahkan selfi bisa datang ke sini karena harga tiker masuknya gratis.

Jika anda butuh kendaraan untuk datang ke waduk cengklik atau menjelajahi tempat menarik lain di solo, anda bisa menyewa mobil di solorentcar.com yang menawarkan banyak pilihan mobil dengan harga terbaik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *